Cara Memperbaiki Sidik Jari HP Vivo Yang Rusak
Tips & Trick

7 Cara Memperbaiki Sidik Jari HP Vivo Yang Rusak

Sebagai pengguna ponsel Vivo pastinya hampir sebagian ponsel Vivo akan hadir menggunakan sensir sidik jari.  Tak jarang pula bagian ini mengalami kerusakan, dan Cara Memperbaiki Sidik Jari HP Vivo juga beragam sesuai dengan jenis kerusakannya.

Kerusakan pada sensor sidik jari tentunya akan sangat merepotkan karena praktis kita tidak bisa menggunakan cara praktis untuk membuka ponsel. Saat sensor sidik jari rusak jalan keluar yang mungkin bisa di lakukan adalah dengan menggunakan pola untuk membuka ponsel.

Sensor sendik jari pada ponsel android kususnya Vivo memang merupakan upaya dari Vivo untuk memberikan keamanan pada ponselnya. Dengan adanya fitur ini hanya pengguna yang sidik jarinya terdaftarlah yang bisa membuka ponsel tersebut.

Jadi kalau rusak memang bisa di perbaiki tergantung dari jenis kerusakan yang muncul pada ponsel tersebut. Kerusakan biasanya terjadi karena pengguna yang lalai seperti terkena air atau bisa juga terkena benturan yang mengakibatkan kerusakan.

Berbeda dengan ponsel Vivo keluaran terbaru seperti Vivo V20 2021 yang sudah hadir dengan Fingerprint dalam layar, beberapa hp Vivo jadul masih banyak yang memiliki sensor sidik jari bagian belakang yang rawan rusak. Kesempatatan kali ini Vivofone.com bakalan memberikan informasi menarik menggenai Cara Memperbaiki Sidik Jari HP Vivo yang mungkin perlu kamu ketahui sebagai pengguna HP Vivo.

Cara Memperbaiki Sidik Jari HP Vivo

Cara Memperbaiki Sidik Jari HP Vivo

1. Bersihkan Sidik Jari

Sebelum melakukan tindakan lainnya saat Fingerprint Smartphone kamu mati, kamu bisa cek terlebih dahulu jari kamu apakah sudah bersih atau belum karena sensor Fingerprint tidak bisa membaca jika jari kamu kotor. Setelah kamu mendapati jari kamu yang kotor, maka sebaiknya kamu mencuci tangan terlebih dahulu pakai sabun agar jari kamu bersih dari kotoran atau minyak yang menghalangi sensor Fingerprint pada Smartphone kamu.

Jari yang berkeringat juga bisa menjadi penyebab Fingerprint tidak berfungsi atau mati, jadi sebelum kamu membuka Smartphone dengan fitur Fingerprint, pastikan jari kamu sudah kering agar Fingerprint Smartphone kamu berfungsi kembali.

2. Clear Cache Fingerprint

Cache merupakan salah satu track record data dimana semua data akan tersimpan dalam memory cache ini. Setiap kamu menggunakan Fingerprint, secara otomatis data akan tersimpan dalam memory cache dan semakin bertambahnya data bisa menyebabkan memory cache penuh yang bisa menyebabkan Fingerprint tidak berfungsi.

Jika Fingerprint Smartphone kamu mati gara-gara masalah ini, kamu bisa mengatasinya dengan menghapus cache, caranya adalah masuk ke menu pengaturan, pilih app manager dan cari opsi bersihkan cache setelah itu kamu bisa melakukan restart kembali Smartphone kamu agar Fingerprint bisa berfungsi kembali.

3. Restart atau Reboot Sistem

Cara lain yang bisa kamu lakukan jika Fingerprint kamu mati adalah dengan melakukan restart atau reboot pada Smartphone kamu. Smartphone yang sering digunakan otomatis akan menyimpan lebih banyak data yang mengakibatkan RAM penuh yang menjadikan kinerja pada Smatphone berkurang dan bisa mengalami overload.

Selain itu, RAM yang penuh juga bisa berpengaruh terhadap kinerja Figerprint yang mungkin ikut mengalami masalah. Agar terhindar dari masalah ini, pastikan Smartphone kamu di restart atau di reboot secara teratur sehingga Smartphone kamu fresh kembali dan Fingerprint pun bisa normal kembali.

4. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Fingerprint yang mati juga bisa terjadi karena banyaknya virus yang menjadi penghambat pada kinerja Smartphone kamu. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengatur Smartphone kamu ke pengaturan pabrik yang menjadikan Smartphone kamu seperti baru lagi dan secara otomatis data serta virus yang menyebabkan masalah pada Smartphone kamu akan hilang.

Namun sebelum melakukan pengaturan pabrik, pastikan file-file yang penting seperti foto, video dan file penting lainnya dipindah ke memory eksternal terlebih dahulu agar file-file tersebut tidak ikut terhapus.

5. Hard Reset Smartphone

Cara ini juga bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi Fingerprint kamu yang mati. Sama seperti halnya pengaturan pabrik hanya saja cara melakukannya yang berbeda, cara melakukan langkah ini adalah dengan memencet 3 tombol yaitu tombol Volume up, Home dan Power secara bersamaan serta pastikan baterai Smartphone kamu memiliki daya diatas 75% saat melakukan hard reset ini.

Setelah kamu memencet 3 tombol tersebut secara bersamaan, maka akan muncul beberapa menu dan kamu bisa memilih menu wife data / factory reset untuk mengembalikan semua sistem baik pengaturan maupun file pada Smartphone kamu sehingga sistem pada Smartphone kamu akan kembali seperti baru dan Fingerprint pun bisa kamu gunakan lagi.

6. Hapus Data Fingerprint

Salah satu cara lain untuk mengatasi Fingerprint yang mati adalah dengan cara menghapus data Fingerperint pada Smartphone kamu. Cara untuk menghapus data Fingerprint adalah dengan masuk ke menu Pengaturan, Pilih Manager Aplikasi, Cari Fingerprint lalu hapus data dan data pada Fingerprint kamu sudah kosong sehingga kamu harus registrasi kembali.

Setelah kamu berhasil menghapus data, maka langkah selanjutnya adalah meregistrasi ulang Fingerprint sehingga data Fingerprint menjadi baru lagi dan kamu bisa menggunakannya kembali.

7. Bawa ke Service Center

Jika semua cara diatas masih belum bisa mengatasi Fingerprint yang mati, kamu bisa menggunakan cara yang terakhir yaitu dengan membawa Smartphone kamu ke Service Center. Di Service Center kamu akan ditanya masalah kamu tentang Fingerprint yang mati dan sebab terjadinya Fingerprint Smartphone kamu mati.

Setelah mengetahui penyebab Fingerprint yang mati, maka pihak Service bisa mengetahui cara untuk memperbaiki Fingerprint Smartphone kamu yang mati dan kamu bisa menggunakannya kembali.

Kesimpulan

Sebelum mencoba memperbaiki sensor sidik jari dari Vivo yang rusak alangkah baiknya untuk mencari tau terlebih dahulu alasan dan penyebabnya. Jenis-jenis kerusakan memang ada banyak dan bisa di perbaiki dengan cara yang berbeda beda.

Hampir semua ponsel Vivo terbaru memang hadir dengan fitur finger print yang juga ada juga kemungkinan rusak setiap saat. Sama halnya dengan Cara Menghapus Akun Google Di HP Vivo yang sebelumnya sudah Vivofone jelaskan secara terperinci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *