8 Cara Memperbaiki Sensor HP Vivo : 100% Work

Berbagai jenis kerusakan pada ponsel android memang harus siap di terima penggunanya. Salah satunya kerusakan pada sensor ponsel tersebut, namun Cara Memperbaiki Sensor HP Vivo sendiri cukuplah mudah.

Kerusakan pada Samartphone sendiri sudah Vivofone bagi menjadi 2 jenis kerusakan yakni hardware dan juga software. Kusus untuk Sensor bisa terjadi karena dua hal tersebut, namun yang sering kita jumpai untuk sensor adalah karena bug.

Entah bug karena sistam operasi android ataupun bug karena hal lainnya seperti aplikasi dan sistem bawaan bisa membuat sensor menjadi mati. Beberapa sensor yang cukup lazim dijumpai pada ponsel Vivo diantaranya Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass.

Kerusakan pada sensor sendiri bisa di perbaiki jika kerusakan itu merupakan bug dengan beberapa cara. Namun saat kerusakan memang karena hardware yang rusak memang jalan satu-satunya adalah dengan menggantinya.

Nah dalam kesempatan kali ini Vivofone.com bakalan membagikan bagaimana cara memperbaiki sensor pada ponsel Vivo. Jadi janga khawatir nih kalau sensor pada HP mendadak mati atau tidak bisa digunakan karena ada beberapa cara untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Sensor HP Vivo

Cara Memperbaiki Sensor HP VivoUntuk bisa memperbaiki sensor seharusnya setiap sensor memiliki cara sendiri-sendiri. Namun sebelumnya kamu perlu tahu menggenai jenis-jenis sensor dan fungsinya yang ada di ponsel android. Dimana ada beberapa sensor yang memiliki fungsi berbeda-beda.

  1. Accelerometer Sensor : Sensor ini memiliki fungsi untuk mengukur percepatan, mendeteksi serta mampu untuk mengukur getaran dan juga untuk mengukur percepatan akibat gravitasi bumi lazim digunakan pada kompas.
  2. Orientation Sensor ini memiliki fungsi untuk mengetahui orientasi serta memiliki fungsi utama untuk mendeteksi posisi smartphone untuk mengetahui di mode landscape atau portrait.
  3. Gyroscope Sensor : Sensor yang berfungsi untuk mengukur atau mempertahankan orientasi Smartphone dengan prinsip ketetapan momentum paada sebuah sudut.
  4. Ambient Light Sensor : Sensor memiliki fungsi untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis berdasarkan pada cahaya sekitar.
  5. Proximity Sensor : Merupakan sensor memiliki fungsi sebagai pengukur jarak antara perangkat dengan benda penggunanya.
  6. Pressure Sensor : Sensor memiliki fungsi untuk mengukur tekanan udara secara real time.
  7. Temperature Sensor memiliki fungsi untuk mengukur suhu udara di sekitar real time.
  8. Fingerprint : Sensor yang medeteksi sidik jari.

Untuk 8 jenis sensor diatas merupakan sensor yang paling lazim kita jumpai pada ponsel android termasuk Vivo. Salah satu ponsel Vivo yang memiliki fitur paling lengkap saat ini adalah Vivo S10 2021. Dimana ponsel vivo 7 jutaan ini memiliki spek yang menarik dengan sensor yang sangat lengkap.

Mengatasi Sensor Yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Sensor HP Vivo RusakAda beberapa cara mengatasi sensor yang tidak berfungsi, namun jika kerusakan terjadi pada masalah fisik jelas menggantinya merupakan solusi yang tepat. Kali ini beberapa solusi mengatasi Cara Memperbaiki Sensor HP Vivo yang di rasa sangat manjur.

1. Update Pembaharuan

Jika ponsel kamu mengalami sensor tidak berfungsi maka langkah pertama coba dengan melakukan update pembaharuan. Biasanya pada update pembaharuan akan memperbaiki beberapa kesalahan termasuk bug yang menyebabkan sensor mati atau tidak berfungsi.

Maka langkah yang tepat bila kamu segera melakukan update pembaharuan sistem operasi. Cara ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi ponsel mengalami bug.

2. Downgrade Sistem Operasi

Jika sensor HP mendadak mati atau tidak berfungsi saat ponsel baru saja melakukan upgrade maka itu berarti BUG dari Pembaharuan. Jika hal tersebut benar maka vivofone anjurkan pengguna untuk melakukan downgrade ke versi sebelumnya.

Silahkan lakukan downgrade ke sistam operasi sebelumnya dengan mengunduhnya di laman Vivo. Namun jika itu terjadi biasanya pada update selanjutnya akan muncul beberapa pembaharuan termasuk mengatasi BUG.

3. Reset

Langkah selanjutnya kamu bisa mencoba melakukan reset. Dengan melakukan reset maka akan membuat ponsel kembali ke pengaturan awal. Ada kemungkinan juga bug yang muncul akan hilang dengan melakukan reset, namun pastikan dahulu penggun sudah melakukan backu data.

4. Reboot HP Vivo

Yang paling mudah adalah dengan melakukan restart HP, terkadang hal mudah seperti melakukan restart sudah cukup membuat ponsel kembali ke settingan awal termasuk mengatasi bug sensor. Dengan melakukan restar sendiri bakalan membuat ponsel kembali ke setelan sistem awal.

AHIR KATA

Nah itu dia beberapa cara yang mungkin akan sangat membantu jika ponsel kamu mengalami kerusakan pada bagian sensor. Jika kerusakan karena BUG maka di jamin cara diatas merupakan salah satu paling mudah untuk di aplikasikan.

Namun saat semua cara sudah di coba dan tidak membuahkan hasil kemungkinan ada kerusakan pada Hardware atau fisik dari ponsel tersebut. Pengguna HP Vivo ketahui juga Cara Menghapus Cache di Hp Vivo seperti ulasan Vivofone sebelumnya menggenai cara membersihkan cache yang menumpuk di HP Vivo dengan aplikasi CCLEANER.

Leave a Comment