10 Cara Membuat Hp Vivo Menjadi Cepat

Penyebab Hp Vivo Lemot

Vivo merupakan brand smartphone asal Tiongkok yang cukup populer di Indonesia. Namun, tidak jarang ponsel Vivo mengalami masalah yang membuat performa ponsel menjadi lambat. Nah pada artikel kali ini kami akan memberikan tips cara membuat hp Vivo menjadi cepat.

Performa yang lambat akan membuat smartphone menjadi tidak nyaman, terutama saat main game, buka aplikasi, dan beragam kebutuhan lainnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan hp Vivo menjadi lambat alias lemot. Untuk mengatasinya kita wajib mengetahui penyebab masalah tersebut.

Penyebabnya bermacam-macam. Namun yang paling utama adalah spesifikasi dari ponsel itu sendiri. Sebab spesifikasi sangat berpengaruh terhadap performa menjalankan aplikasi dan game.

Semakin tinggi spesifikasinya, tentu semakin bagus performanya. Akan tetapi tidak semua orang memiliki hp Vivo berspesifikasi tinggi yang biasanya dibanderol cukup mahal.

Bagi yang memiliki hp Vivo standar dengan spesifikasi pas-pasan, kami sarankan untuk mencoba cara membuat hp Vivo menjadi cepat yang kami sampaikan pada pembahasan di bawah ini.

Penyebab Hp Vivo Lemot

Penyebab Hp Vivo Lemot

Sebelum membahas mengenai cara membuat hp Vivo menjadi cepat, kita wajib terlebih dahulu mengetahui apa saja penyebab hp Vivo menjadi lemot.

Tanpa mengetahui penyebabny maka akan percuma. Sebab semua masalah pada ponsel pasti ada penyebabnya. Langsung saja kita simak pembahasan penyebab hp Vivo lemot berikut ini.

1. Penyimpanan yang terlalu penuh

Jika penyimpanan internal atau memori eksternal ponsel Anda terlalu penuh, itu dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat.

Hal ini terjadi karena ponsel harus bekerja lebih keras untuk mencari file yang dibutuhkan, sehingga mengurangi kinerja ponsel.

2. Aplikasi yang terlalu banyak

Terlalu banyak aplikasi yang disintal dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat karena setiap aplikasi memerlukan sumber daya ponsel.

Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang dapat mengambil sumber daya ponsel yang cukup besar, sehingga menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat.

3. Virus atau malware

Virus atau malware dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat karena mereka dapat mengambil sumber daya ponsel. Biasanya virus tersebut berasal dari aplikasi yang diistal dari pihak ketiga.

Cara kerja virus atau malware pada hp Android adalah menjalankan aplikasi pada background. Hal tersebut otomatis akan mengambil sumber daya ponsel karena aplikasi berjalan terus-menerus.

4. Perangkat lunak yang tidak diperbarui

Perangkat lunak yang tidak diperbarui dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat karena perangkat lunak yang lama tidak dapat mengoptimalkan sumber daya ponsel yang ada.

Versi perangkat lunak yang lama dapat menyebabkan kompatibilitas masalah dengan aplikasi atau perangkat keras yang baru, sehingga menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat.

5. Kinerja hardware yang buruk

Masalah hardware seperti baterai yang rusak dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat karena ponsel harus bekerja lebih keras untuk menjaga daya.

Cara Membuat Hp Vivo Menjadi Cepat

Cara Membuat Hp Vivo Menjadi Cepat

Masih ada banyak penyebab lainnya. Namun menurut kami, penyebab di atas merupakan penyebab utama yang membuat hp Vivo menjadi lemot. Nah agar performa meningkat, silahkan simak cara membuat hp Vivo menjadi cepat berikut ini

1. Membersihkan Aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan akan terus berjalan di background dan memakan sumber daya yang cukup besar.

Cara untuk membersihkan aplikasi yang tidak digunakan adalah dengan masuk ke menu pengaturan, pilih aplikasi, dan hapus aplikasi yang tidak digunakan.

Manfaat dari membersihkan aplikasi yang tidak digunakan adalah ponsel akan menjadi lebih cepat dan hemat sumber daya.

2. Menghapus File yang tidak diperlukan

File yang tidak diperlukan seperti foto, video, dan musik yang sudah tidak digunakan lagi akan menghambat kinerja ponsel.

Cara untuk menghapus file yang tidak diperlukan adalah dengan mengakses menu penyimpanan, lalu pilih file yang ingin dihapus.

Manfaat dari menghapus file yang tidak diperlukan adalah ponsel akan menjadi lebih cepat dan memiliki ruang penyimpanan yang lebih banyak.

3. Menghapus Cache

Cache adalah data sementara yang ditampung oleh aplikasi yang digunakan.  Cache yang terlalu banyak akan menyumbat memori ponsel dan membuat ponsel menjadi lambat.

Cara untuk menghapus cache adalah dengan masuk ke menu pengaturan, pilih aplikasi, lalu pilih opsi clear cache. Manfaat dari menghapus cache adalah ponsel akan menjadi lebih cepat dan responsif.

4. Mengatur Penggunaan RAM

RAM adalah memori yang digunakan oleh ponsel untuk menjalankan aplikasi. Jika RAM terlalu banyak yang digunakan, ponsel akan menjadi lambat.

Cara untuk mengatur penggunaan RAM adalah dengan mengakses menu pengaturan, pilih opsi memory, lalu pilih aplikasi yang ingin dibatasi penggunaan Ram-Nya.

Dengan melakukan hal ini maka memori menjadi lega dan membuat performa lebih cepat dan stabil.

5. Menonaktifkan Fitur yang tidak diperlukan

Beberapa fitur yang tidak digunakan seperti sensor sidik jari, kamera depan, dan lainnya akan terus berjalan di background dan memakan sumber daya.

Cara untuk menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan adalah dengan masuk ke menu pengaturan, pilih opsi fitur, lalu nonaktifkan fitur yang tidak diinginkan.

Manfaat dari menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan adalah ponsel akan menjadi lebih cepat dan hemat sumber daya.

6. Bersihkan Cache dan Data Aplikasi

Beberapa aplikasi mungkin akan menyimpan data yang tidak diperlukan dalam memori ponsel Anda. Hal ini dapat menyebabkan kinerja ponsel Anda menjadi lambat. Oleh karena itu, bersihkan cache dan data aplikasi yang tidak diperlukan dari waktu ke waktu.

7. Matikan Fitur Otomatis Update

Beberapa aplikasi akan mengambil jalur otomatis untuk Meng update dirinya sendiri. Hal ini dapat menyebabkan kinerja ponsel Anda menjadi lambat sehingga lebih baik mematikan fitur update otomatis.

8. Matikan Fitur Sinkronisasi

Fitur sinkronisasi akan menyinkronkan data dari aplikasi yang terinstal di ponsel Anda. Hal ini dapat menyebabkan kinerja ponsel Anda menjadi lambat. Kami sarankan untuk mematikan fitur sinkronisasi pada aplikasi yang tidak penting demi menjaga performa hp Vivo

9. Matikan Fitur Lokasi

Beberapa aplikasi akan meminta akses lokasi ponsel Anda. Hal ini dapat menyebabkan kinerja ponsel Anda menjadi lambat. Lebih baik mematikan fitur ini agar performa hp Vivo menjadi cepat.

10. Atur Penggunaan Data

Beberapa aplikasi akan mengambil jalur otomatis untuk menggunakan data internet. Hal ini dapat menyebabkan kinerja ponsel Anda menjadi lambat. Atur penggunaan data untuk aplikasi yang tidak penting.

Demikian beberapa cara untuk membuat Hp Vivo menjadi cepat. Selain itu, sebaiknya melakukan factory reset, menggunakan aplikasi pembersih, dan melakukan update sistem secara rutin juga akan membantu menjaga kinerja ponsel tetap optimal.

Dari sekian banyak tips di atas, kami yakin salah satu tips yang kami berikan akan membantu anda membuat hp Vivo menjadi cepat. Silakan mencoba tips di atas dan terima kasih telah membaca artikel cara membuat hp Vivo menjadi cepat yang di sampaikan redaksi vivofone.com.

Leave a Comment