Penyebab Baterai Vivo Cepat Habis
Tips & Trick

6 Penyebab Baterai Vivo Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Ada banyak pengguna hp Vivo yang mengalami baterai cepat habis walaupun tidak digunakan. Masalah tersebut tentu ada penyebabnya. Nah untuk mengetahui penyebab baterai Vivo cepat habis silahkan simak informasi vivofone.com berikut ini.

Baterai yang cepat habis tentu akan menggangu aktivitas. Terlebih jika menggunakan smartphone untuk hal-hal yang penting, seperti berbisnis, chating, video call ataupun yang lainnya. Bahkan terkadang baterai hp Vivo akan cepat habis meski tidak digunakan.

Perlu kalian ketahui daya tahan bateraipe hp Vivo berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kapasitas baterai. Semain besar kapasitas baterainya, tentu semakin awet. Namun hal tersebut tetap harus diimbangi dengan hardware rendah daya.

Yang menjadi permasalah adalah hp Vivo cepat habis meski tidak digunakan. Pasti banyak yang kebigungan apabila mengalami masalah ini dan mengira baterai smartphone telah rusak atau sudah ngedrop. Yah, baterai yang rusak memang sering kali mengalami kendala baterai cepat habis.

Sebenarnya penyebab baterai cepat habis tidak hanya karena kondisi baterai saja. Ada beberapa faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab baterai hp Vivo cepat habis. Bagi yang penasaran ingin mengetahui penyebab masalah tersebut silahkan simak  di bawah in.

Penyebab Baterai Vivo Cepat Habis

Penyebab Baterai Hp Vivo Cepat Habis

1.Kondisi Sinyal Lemah dan Tidak Stabil

Semua smartphone akan bekerja secara terus menerus untuk mencari dan menangkap sinyal, meskipun sedang tidak digunakan. Nah apabila kondisi sinyal lemah maka smartphone akan bekerja terlalu keras sehingga menyedot daya baterai dalam jumlah besar. Alhasil baterai hp Vivo akan cepat habis.

Jika berada didaerah yang sinyalnya lemah kami sarankan untuk menggunakan Mode Airplane atau Mode Pesawat. Dengan mengaktifkan mode ini maka smarpthone akan berhenti mencari sinyal sehingga masalah baterai cepat habis bisa teratasi.

2.Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Backround

Penyebab selanjutnya adalah karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang atau processor background. Semakin banyak aplikasi yang berjalan maka semakin besar daya yang dibutuhkan. Oleh karena itulah baterai menjadi cepat habis.

Untuk mengatasinya kami sarankan untuk menghapus aplikasi yang tidak penting. Selain baterai menjadi cepat habis, terlalu banyak aplikasi juga membuat performa smartphone menurun. Sebab terlalu banyak aplikasi di latar belakang membuat Ram berkurang.

3. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Mulai Otomatis

Ada beberapa aplikasi yang akan berjalan otomatis saat smartphone dihidupkan. Biasanya merupakan aplikasi chating seperti WhatsApp, Messenger, ataupun aplikasi lainnya. Hal tersebut tentu akan menyedot daya baterai sehingga baterai terasa cepat habis.

Agar masalah baterai cepat habis dapat ditangani kami sarankan untuk mematikan mulai otomatis untuk aplikasi yang jarang digunakan.

4. GPS Menyala

GPS membutuhkan daya yang sangat besar. Apabila GPS terus aktif maka otomatis baterai hp Vivo akan boros. Lebih baik mematikan GPS jika tidak digunakan sehingga baterai hp Vivo lebih irit dan tidak cepat habis.

5. Menggunakan Paket Data

Apabila ingin baterai lebih irit kami sarankan untuk menggunakan WiFi. Apabila hanya mengandalkan sinyal seluler maka secara otomatis baterai akan cepat habis. Terlebih jika sinyalnya lemah atau tidak stabil.

6. Bluetooth Aktif

Sama halnya dengan konektifitas di atas, Bluetooth akan membuat baterai boros apabila selalu diaktifkan. Sebab Bluetooth akan terus memindai untuk mencari perangkat yang bisa terhubung. Agar hal tersebut tidak terjadi maka lebih baik mematikan Bluetooth jika tidak digunakan.

Cara Cek Baterai Hp Vivo

Nah itulah beberapa penyebab baterai Vivo cepat habis. Sebenarnya masalah baterai boros disetiap smartphone berbeda-beda. Namun bagiamana jika masalahnya karena baterai yang rusak? Sebelum memutuskan apakah baterai rusak atau tidak silahkan simak cara mengeceknya berikut ini.

  1. Silahkan mencoba semua cara mengatasi baterai hp Vivo cepat habis di atas.
  2. Kemudian charger ponsel sampai penuh
  3. Setelah penuh lalu restart dengan cara sebagai berikut “Cara Merestart hp Vivo
  4. Kemudian biarkan smartphone hidup selama 1.5 sampai 2 Jam. Lalu cek apakah baterai berukuran drastis atau tidak pada saat hp sedang tidak digunakan.
  5. Apabila baterai hanya berkurang 1-2% dengan sinyal yang kuat dan stabil maka bisa dipastikan kondisi baterai masih bagus.

Jika kondisi baterai masih bagus, maka kemungkinan penyebab baterai hp Vivo boros adalah karena masalah di atas. Agar baterai awet kalian bisa mencoba “Cara Menghemat Baterai Vivo” yang kami sampaikan pada artikel sebelumnya.

Nah cukup sekian informasi pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel mengenai “Cara Split Screen Hp Vivo” dan beragam informasi menarik lainnya seputar smartphone Vivo di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *